Jumat, 25 Juli 2008

Berubah….Sekarang


Sering kita dengar bahwa orang tidak mau berubah karena “ berubah “ membuat Stress. Bagaimana jika anda yang mengatakan bahwa justru “ tidak berubah” lebih membuat stress, karena dunia toh selalu berubah.
Mau berubah? Atau anda membusuk……ayo mau pilih mana ?
‘maaf bukan mau menggurui……lho !!!!!!????’
Dalam dunia bisnis, pada tahun 1917 di identifikasi ada seratus perusahaan terbesar di negeri paman Sam, yang pada tahun 1998 kembali diidentifikasi ternyata hanya 15 diantara mereka yang masih eksis. Sebagian besar dari mereka lenyap atau bergabung atau dibeli oleh perusahaan-perusahaan lainnya. Ada sebuah perusahaan yang selama delapan tahun dikenal baik oleh masyarakat namun karena tidak banyak melakukan perubahan, akhirnya diambil alih perusahaan lain. Padahal produknya dikenal sangat baik tetapi ketika terjadi perkembangan baru dibidang yang sejenis, perusahaan ini mandek dengan produk yang ada saja, sementara para pelanggannya mulai berpindah keproduk-produk lainnya yang lebih menarik.
Banyak pernikahan selamat karena kedua pasangan bersedia mengubah sikap dan perilakunya. Sebaliknya tak terhitung banyaknya perceraian karena kedua pasangan tidak mau berubah sama sekali, saling menyalahkan dan menciptakan kondisi-kondisi yang tak dapat di tolerir dan tak seorang pun bias mempertahankannya.
Banyak orang yang kesulitan memperahankan pekerjaannya dan akhirnya kehilangan pekerjaannya hanya karena idak mau berubah. Dari salah satu perspektif dikatan bahwa perubahan berarti “ bertumbuh “ atau berubah dari melakukan hal yang salah menjadi melakukan hal yang benar. Tentang perspektif pertumbuhan ini Eric Hoffer mendeskrifsikan dengan baik : “dijam perubahan ini, mereka yang terus belajarlah yang akan mewarisi bumi. Sementara mereka yang selalu merasa dirinya pintar akan menemukan diri mereka telah berdandan lengkap dan rapi untuk menghadapi dunia yang sudah tidak ada lagi”.
Tom Peter menambahkan : “ hanya mereka-mereka yang terus menerus memperlengkapi dirinyalah yang berpeluang untuk tetap dipekerjakan ditahun-tahun mendatang”. Benar terus bertumbuh akan menghilangkan banyak stress dan membangun kepastian bekerja
Charles Gow merangkumnya sebagai berikut : “Dua hukum besar dalam kehidupan adalah ‘pertumbuhan’ & ‘kemerosotan’. Kalau sesuatu tidak lagi bertumbuh, cepat atau lambat pasti mati.

Bagai mana dengan saya? Sudahkah melakukan perubahan?
Untuk diri sendiri, Untuk keluarga, untuk lingkungan sekitar, untuk bangsa
Atau…..untuk siapa / apa…..lakukan perubahan positif Atau MATI.

Recharge your life
30 inspiration stories to keep you motivated
Haryo Ardito

Tidak ada komentar: